Berita Terbaru

Kamis, 27 Februari 2014

USBN PAI SMP

Bagi guru PAI Se Indonesia  pada jenjang  SMP yang masih penasaran dan belum
mendapatkan kisi-kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam (PAI) tahun pelajaran 2012, 2013, 2014 dan 2015 kini dapat segera mendownload dengan link dibawah ini
1. USBN PAI 2011/2012 (Pedoman Pelaksanaan, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban)
2. USBN PAI 2012/2013 (Pedoman Pelaksanaan, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban)
3. USBN PAI 2013/2014 (Pedoman Pelaksanaan, Kisi-Kisi, Soal dan 
Kunci Jawaban)
4. USBN PAI 2014/2015 (Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban)

untuk segera dapat dibahas kepada masing-masing peserta didik agar mereka memiliki persiapan dalam mengahadapi ujian akhir sekolah berstandar nasional sebagaimana dimaksud.
Selain membahas kisi-kisi soal ini kepada kawan-kawan guru PAI juga dapat melakukan  try out soal USBN PAI tahun sebelumnya antara lain soal USBN PAI tahun Pelajaran 2011/2012, 2012/2013.2013/2014
Selanjutnya ...

Sabtu, 01 Februari 2014

Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 tahun 2009 mengisyaratkan bahwa untuk kenaikan pangkat dan golongan guru perlu dilakukan Penilaian Kinerja

Guru.
Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.
Dalam Penilaian Kinerja Guru (PKG), Guru wajib mencatat dan menginventarisasikan seluruh kegiatan yang dilakukan.
Penilaian Kinerja Guru (PKG) terhadap Guru dilakukan minimal satu kali dalam setahun.
Selain itu, dalam Permenpan ini mengisyaratkan pula pentingnya kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dilaksanakan dalam upaya mewujudkan guru yang profesional, bermatabat dan sejahtera; sehingga guru dapat berpartisifasi aktif untuk membentuk insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian.
Pengembangan Keprofesian Guru mencakup tiga kegiatan: (1) Pengembangan Diri; (2) Publikasi Ilmiah, dan (3) Karya Inovatif.
Tujuan umum Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  yaitu untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah/madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
Sedangkan tujuan khusus Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah:
  • Memfasiltasi guru untuk mencapai standar kompetensi profesi yang telah ditetapkan.
  • Memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya.
  • Memotivasi guru-guru untuk tetap memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.
  • Mengangkat citra, harkat, martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaan kepada penyandang profesi guru.
Pada tanggal 27 Januari 2014...bertempat di SMP Negeri 1 Kotabaru...MGMP PAI SMP Kab. Kotabaru melakukan kegiatan MGMP Mandiri " Diklat PKG"...lanjutan kenapa lanjutan karena secara teori kami sudah menerima materi tentang PKG ini, jadi pada kegiatan kali ini fokus pada bagaimana para guru khusunya Guru Pendidikan Agama Islam bisa menghitung DUPAK sendiri jar nara sumber..Akhmad Syafe'i, S. Ag. Silakan download disini bahan lengkapnya

Selanjutnya ...

Bahan Lengkap TOT Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam

Penerapan Kurikulum 2013 segera diterapkan, dan tinggal menunggu waktu dalam pelaksanaannya. Perubahan isi kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan kualitas peserta didik lebih baik.

Harapan ini juga ditekankan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang lebih menguatkan sisi moral dan akhlak siswa.

"Selama ini peserta didik hanya diajarkan aspek dogmatis dalam pemahaman agama dan praktik ibadah, tanpa ada penguatan moral akhlak serta pendidikan karakter,. Dalam Kurikulum 2013, guru dituntut memiliki metode pembelajaran PAI yang tidak lagi menjenuhkan dan terlalu dogmatis.
Guru PAI di Kurikulum 2013 dituntut melakukan pengawasan moral dan akhlak yang terintegrasi. Penilaian tidak hanya pada kemampuan kognitif di nilai PAI saja, tapi juga sisi afektif dan psikomotorik siswa.

"Berpatokan pada kompetensi inti Kurikulum 2013, guru PAI dituntut menjadi contoh sekaligus menyenangkan,".

Perbedaan PAI di Kurikulum 2013 ada pada tematik integratif, yakni, penekanan nilai keagamaan yang tidak hanya terpaku pada khusus mata pelajaran PAI, tapi juga terintegrasi pada seluruh mata pelajaran yang diajarkan.

"Pada mata pelajaran PAI ini juga akan lebih banyak dimasukkan aspek budi pekerti, yang sebenarnya sudah terintegrasi dalam muatan materi akhlak,"

"Untuk penguatan akhlak PAI di Kurikulum 2013, ada metodologi atau proses yang disebut habituasi moral dan perilaku yang sangat ketat."

Proses habituasi atau pembudayaan nilai moral dan akhlak ini memosisikan guru sebagai pemantau. Proses ini diharapkan dapat menguatkan sisi moral dan akhlak peserta didik pada Kurikulum 2013.

Tuntutan Kurikulum 2013 lebih menekankan pada moral dan akhlak peserta didik didasarkan pada fakta yang terjadi saat ini.

Sahabat-sahabat sesama ustadz-ustadzah....kali ini saya akan share bahan lengkap "TOT KURIKULUM 2013" silakan download disini  serta contoh videonya download disini.
Mudah-mudahan bermanfaat..Amien

Selanjutnya ...
Designed By Published.. Blogger Templates