Berita Terbaru

Kamis, 17 September 2015

Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama pada tahun 2015 ini akan menyelenggarakan kegiatan Visiting Guru PAI tingkat SD dan SMP yang kreatif, energik, inovatif, dan inspiratif. Dengan adanya kegiatan visiting guru ini, diharapkan terutama para Guru PAI dapat ikut berpartisipasi sehingga dapat menularkan keterampilan, pengalaman dan ilmunya untuk kemajuan guru PAI di wilayah sasaran, baik di lingkungan sekolah, masyarakat maupun komunitas pengembang dan peningkatan mutu pendidikan agama Islam pada sekolah.
Kegiatan Visiting Guru PAI tingkat SD dan SMP ini dirancang sebagai salah satu bentuk dalam upaya menghadapi  tantangan, namun juga sekaligus apresiasi dan peluang bagi para guru PAI untuk membantu Kementerian Agama dalam peningkatan mutu pembinaan dan peningkatan mutu PAI di sekolah. Namun harus diakui bahwa masih terdapat sejumlah problema dalam pembinaan pendidikan agama Islam di sekolah. Problema tersebut muncul, karena dipengaruhi banyak faktor, baik itu faktor input, proses, maupun output atau outcomes.  Karena  itu merupakan  langkah  cerdas,  jika  problema  tersebut, ditangani  bersama,  dibenahi  secara  berkesinambungan, serta  melibatkan  para guru PAI yang kreatif dan inspiratif.
Sebagai salah satu ikhtiar, maka progam Visiting Guru PAI tingkat SD dan SMP yang bertujuan membantu percepatan pemerataan kompetensi guru PAI ini  diharapkan dapat menjembatani kualitas guru PAI yang tersebar di berbagai penjuru wilayah di Indonesia, terutama di wilayah 3 T (terluar, tertinggal dan terdalam). Melalui kegitan ini juga, diharapkan terjadi sharing (berbagi) pengalaman antara guru PAI yang kreatif, inovatif dan inspiratif dengan guru PAI sasaran atau pihak-pihak lain yang perlu mendapat pencerahan dalam pengembangan mutu PAI.
Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan menyelenggarakan kegiatan visiting  guru PAl SMP di 8 (delapan) provinsi pada 10 (sepuluh) kabupaten/kota di wilayah terluar, terpencil, terdepan (3T). Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu percepatan  pemerataan  peningkatan  kompetensi  GPAI dalam  rangka Implementasi Kurikulum PAl 2013.
Sehubungandengan hal tersebut jika ada GPAISMP yang berminat kami harapkan agar Saudara mengajukan nama calon peserta visiting Guru PAl SMPdengan persyaratan sebagaiberikut :
Guru PAl SMP(PNS);
Mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah/ Kepala Kemenag Kabupaten/Kota/ Kepala Dinas/ lnstansiTerkait;
Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 (lima) tahun (melampirkan photocopy SK CPNS dilegalisir);
Sehat jasmani dan rohani;
Tidak dalam keadaan mengandung/ hamil (dibuktikan dengan surat keterangan dokter);
Memiliki kualifikasi akademik minimal S-1 PAl, diutamakan yang memiliki ijazah S2 yang relevan;
Memiliki pengalaman diklat kependidikan (dibuktikan dengan photocopy sertifikat yang dilegalisir);
Memiliki sertifikat ToT Implementasi Kurikulum 2013 PAl dan Budi Pekerti;
Menguasai media pembelajaran berbasis ICTdi bidang PAl;
Memiliki kemampuan penulisan karya tulis ilmiah/ PTK(dibuktikan dengan karya tulis ilmiah/ laporan PTK);
Menguasai model-model pembelajaran PAl;
Berusia maksimal 50 tahun;
Diutamakan guru PAl SMPyang sudah pernah menjadi Instruktur Nasional(IN) Implementasi Kurikulum 2013 dan atau GPAI SMP yang berprestasi tingkat  nasional/ provinsi/ kabupaten/ kota (dibuktikan dengan photo copy setifikat yang dilegalisir);
Mengisi form pendaftaran (lampiran 1);
Bersediaditugaskan di daerah/wilayah sasaranyang ditetapkan;
Dokumen lain yang harus dilengkapi adalah:
Biodata (lampiran 2);
Foto copy sertifikat pelatihan yang relevan;
Surat pengantar dari Kantor KementerianAgama/DinasPendidikanKabupaten/Kota;
Surat persetujuan dari Kepala Sekolah (lampiran 3);
Surat persetujuan dari Kepala Dinas Pendidikan bagi Guru PAl yang diangkat oleh Pemda/Dinas Pendidikan (lampiran 4);
Surat pernyataan kesediaanuntuk ditempatkan pada wilayah sasaranyang ditunjuk (lampiran 5).
Berkas dokumen disusun sesuaidengan urutan dan diberi kode di pojok kanan atas (lampiran 6).
Berkasdokumen dikirim kepada panitia dan dijilid dengans ampul berwarna biru.
Usulan dan dokumen calon peserta visiting akan diseleksi oleh tim penilai Direktorat Pendidikan Agama Islam;
Catatan :
Bagi Guru PAI SMP yang berminat silahkan menghubungi Seksi Pendidikan Islam pada Kantor Kemneterian Agama Kabupaten/Kota Setempat untuk selanjutnya diusulkan sebagai calon peserta visiting GPAI ke Direktur Jenderal Pendidikan Islam Cq. Direktur PendidikanAgama Islam Up.Kepala Subdit PAl SMP
Usulan calon peserta visiting GPAI diterima oleh Dirjen Pendis selambat-Iambatnya pada tanggal18 September 2015.
Selanjutnya disampaikan bahwa penetapan peserta visiting ditentukan berdasarkan hasil penilaian/seleksi oleh tim Direktorat PendidikanAgama Islam Ditjen Pendidikan Islam.
Seluruh Peserta berhak Memperoleh biaya akomodasi dan konsumsi, uang harian dan transportasi dari daerah tempat asal ke Jakarta PP pada waktu pembekalan dan Memperoleh biaya akomodasi dan konsumsi, uang harian dan transportasi dari Jakarta ke tempat tujuan PP serta transportasi lokal selama pelaksanaan visiting guru serta Memperoleh sertifikat penghargaan
Pelaksanaan kegiatan visiting selama 10 hari pada bulan oktober 2015 yang terbagi atas 3 tahap yakni pembekalan/workshop, pelaksanaan visiting GPAI dan Evaluasi penyelenggaraan
Download Lampiran Administrasi Calon Peserta Visiting GPAI Tahun 2015, KLIK DISINI

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isikan saran dan komentar Anda. Terimakasih.

Designed By Published.. Blogger Templates